Workshop Kolaborasi Departemen BEM FKM UNAIR Kelas Desain ‘Gradient: Graphic Design Expert Training Bertema Hari Kemerdekaan

Surabaya, Sabtu (03/08/2024) – Departemen BEM FKM UNAIR 2024, yakni Departemen Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), Airlangga Public Health Student Association (APHSA), dan Departemen Agama Islam (DAI) menyelenggarakan program kerja kolaborasi pertama kali pada tahun ini berupa Workshop Kelas Desain bernama ‘Gradient: Graphic Design Expert Training’. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan secara daring (online) melalui Zoom Meeting dengan mengangkat tema “Hari Kemerdekaan Indonesia”.  Tema ini dilatarbelakangi oleh kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan bulan Agustus yakni Hari Kemerdekaan Indonesia sehingga peserta diharapkan mampu memanfaatkan materi yang disampaikan untuk mengembangkan kemampuan berkarya meramaikan hari Kemerdekaan nantinya.

Pada hari pertama, kegiatan Gradient diawali dengan registrasi partisipan untuk memasuki Zoom Meeting kemudian dibuka oleh MC dan dilanjut dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan oleh Ketua BEM FKM UNAIR 2024 dan dilanjutkan sambutan Ketua dan Wakil Pelaksana Gradient 2024. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi serta pemaparan tools software Figma dan demonstrasi teknik desain grafis oleh narasumber. Pada sesi ini penyampaian materi diisi oleh Founder dari Artsy Design Studio and Creative Agency, Khansa Putri. Materi yang disampaikan berupa pengenalan mengenai desain, unsur utama desain, serta istilah-istilah dalam mendesain. Selanjutnya, workshop dilanjut dengan kegiatan implementasi materi yang telah disampaikan dengan praktik desain pada software Figma. Proses implementasi dipandu oleh Designer dari Artsy Design Studio, Nadinti Salsabila.Selanjutnya sesi tanya jawab yang dipandu oleh MC dan dilanjutkan sesi games. Setelah rangkaian mata acar utama selesai dilanjut dokumentasi dan penutupan oleh MC.

Pada hari kedua, Minggu (04/08/2024) partisipan mempraktikkan kemampuannya dengan membuat poster bertema Kemerdekaan Indonesia secara mandiri menggunakan software Figma dan tools yang sudah dijelaskan. Hasil Poster yang telah dibuat kemudian dikumpulkan melalui Google Form yang disediakan oleh panitia dengan batas pengumpulan karya pada Minggu, 4 Agustus 2024 pukul 23.59. Selanjutnya Poster yang telah dikumpulkan akan dinilai oleh juri dari narasumber dan juri dari perwakilan panitia.

Hari ketiga pada Senin (05/08/2024) merupakan pengumuman pemenang poster terbaik dengan kriteria penilaian, yakni poster yang mengandung kreativitas, pemilihan warna dan tata letak yang baik, serta merupakan karya yang menarik. Hasil pemenang karya terbaik akan diumumkan melalui grup partisipan di Whatsapp oleh panitia Gradient. Selanjutnya penyerahan hadiah berupa e-wallet kepada pemenang sejumlah   Rp100.000,00   setelah   pemenangan   melakukan    konfirmasi e-wallet pada panitia. Selain itu, hasil karya pemenang akan dipublikasikan di akun  instagram APHSA BEM FKM 2024 (@aphsaunair) sebagai  bentuk penghargaan kepada peserta dan mendorong motivasi terus berkarya serta mengembangkan kemampuan desain grafis.