Mengangkat Tema “Dari Kampus ke Karir: Langkah Tepat bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat”, Seminar Scholarly x Public Health Career Track Kembali Digelar

Surabaya, Minggu (23/06/2005) – Divisi Keilmuan berkolaborasi dengan Divisi Kajian dan Keprofesian APHSA BEM FKM UNAIR kembali menyelenggarakan Seminar Scholarly x Public Health Career Track. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan melalui video conference Zoom Meeting dengan mengangkat tema  “Dari Kampus ke Karir: Langkah Tepat bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat” Tema ini diambil karena ketatnya persaingan kerja, sehingga lulusan S-1 Kesehatan Masyarakat perlu mempersiapkan sedini mungkin untuk karir kedepannya. Tidak hanya itu, seminar ini juga sebagai wadah untuk memberikan fasilitas, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dalam membantu merefleksikan potensi, keterampilan, dan prestasi yang didapat semasa bangku perkuliahan. Kegiatan ini berkolaborasi langsung bersama departemen FKM UNAIR, yakni Departemen Kesehatan Lingkungan dan Departemen Epidemiologi, Biostatistika, Kependudukan dan Promosi Kesehatan (EBIOP).

Kegiatan Seminar Scholarly X PHCT Batch 2 diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yang dilanjut dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Selanjutnya, terdapat beberapa sambutan, yaitu sambutan dari ketua pelaksana, ketua APHSA, dan KPS S1 Kesehatan Masyarakat dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dipandu oleh moderator. Pemateri yang kami undang merupakan alumni FKM Unair yang berpengalaman dalam bidang isu yang diangkat. Pada Seminar Scholarly X PHCT Batch 2 yang bertemakan tema  “Dari Kampus ke Karir: Langkah Tepat bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat” terdapat dua pemateri, yaitu  yaitu Ihya’ Ulumuddin Ar-Rayyan, S. KM sebagai Penganalisis Bahan Monitoring dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Tasya Azelya Putri Andiani, S. KM selaku Membership Education and Complaints Handling, BPJS Kesehatan.

Sebelum materi diberikan, peserta diharuskan untuk mengerjakan pre-test untuk mengetahui pengetahuan peserta mengenai materi yang akan diberikan. selanjutnya, ada sesi pemamparan materi yang pertama oleh Ihya’ Ulumuddin Ar-Rayyan, S. KM menjelaskan mengenai peminatan Biostatisika dan prospek di dalamnya. Beliau juga menyampaikan beberapa pengalamannya dalam meraih pencapaiannya hingga kini. Selanjutnya, materi kedua yang diberikan oleh Tasya Azelya Putri Andiani, S. KM membahas mengenai peminatan Promosi Keshatan dan Ilmu Perilaku atau yang dikenal dengan PKIP. Beliau juga menyampaikan bahwa Peminatan PKIP adalah ‘Roh’ dari Kesehatan Masyarakat yang mana merupakan bentuk intervensi di bidang kesehatan untuk memperbaiki, memelihara, dan meningkatkan status kesehatan masyarakat. Seperti halnya yang disampaikan oleh Ihya’ Ulumuddin Ar-Rayyan, S. KM, beliau juga menyampaikan beberapa nasihat serta perjalanannya untuk dunia karir nantinya. Tidak hanya itu, setelah agenda penyampaian materi selesai, setiap peserta seminar juga diberikan quiz berupa post-test dalam bentuk Google Form untuk menguji pengetahuan peserta mengenai pemateri yang diberikan.

Dalam Seminar Scholarly x Public Health Career Track Batch 2 yang telah dilaksanakan pada Minggu, (23/06/2024) kedua pemateri memberikan beberapa pendapatnya mengenai masing-masing peminatan yang dipilihnya. Tidak hanya itu, sesuai dengan tema seminar, yaitu tema  “Dari Kampus ke Karir: Langkah Tepat bagi Lulusan Kesehatan Masyarakat” kedua pemateri juga berbagi dan menyampaikan kiat-kiat yang dapat dilakukan sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat dalam mempersiapkan karir kedepannya.