Kolaborasi Praktikal Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM UNAIR dan Mahidol University Thailand

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu mata kuliah di prodi S1 Kesehatan Masyarakat, FKM UNAIR untuk melatih keprofesionalan dan siap kerja sesuai bidangnya di masyarakat oleh setiap mahasiswa FKM. Tahun 2024 ini, mahasiswa Mahidol University Thailand turut serta menjadi peserta PKL FKM UNAIR di Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat menganalisis mampu merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi program kesehatan di masyarakat dengan tema “Menuju Kesehatan Masyarakat yang berkelanjutan untuk Mengatasi Kematian Ibu, Kematian Bayi/Balita, Penyakit Menular dan Tidak Menular”.

Mahasiswa Mahidol University yang mengikuti kegiatan PKL terdiri dari 10 mahasiswa yang terdiri dari Thepnari Phalee, Nureeya Cheaem, Akrawin Inthorn, Natsareeya Krommuang, Kanjanaporn Thanapan, Jutharat Srilert, Prapasiri Sanwiroad, Siriya Yongphet, Kuafhum Koolong, dan Hassan Maming. Sedikit berbeda dengan mahasiswa FKM UNAIR, mahasiswa Mahidol University mengikuti kegiatan PKL ini selama 14 hari, dimana dilaksanakan pada 22 Januari sampai 6 Februari 2024 yang dibagi menjadi 5 kelompok.

Saat melakukan PKL di Ponorogo, mahasiswa Mahidol University berada di tahap menentukan program intervensi berdasarkan masalah di tiap desa, melakukan intervensi pada masyarakat, dan mengevaluasi program yang telah dilakukan. Salah satu contoh intervensi yang dilakukan oleh mahasiswa Mahidol University adalah edukasi, demo masak 3 menu sehat dan bergizi, dan memberikan buku resep makanan sehat dan bergizi kepada masyarakat agar dapat disimpan, dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari agar lebih sehat. Mereka juga melakukan evaluasi dan feedback dari stakeholder di desa seperti petugas posbindu, puskesmas, kepala desa, camat, dan dinas kesehatan agar program yang mereka lakukan dan sarankan kepada masyarakat dapat dilaksanakan lebih baik.

Harapannya dengan adanya pelaksanaan PKL yang dilakukan oleh mahasiswa Mahidol University dapat saling bertukar ilmu terkait kesehatan masyarakat bagi mahasiswa dan civitas akademika FKM UNAIR dan juga Mahidol University serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs, khususnya ketiga yaitu tentang kesehatan dan kesejahteraan untuk seluruh insan di dunia. Pengetahuan yang diberikan terkait upaya kematian ibu, Kematian Bayi/Balita, Penyakit Menular dan Tidak Menular dapat meningkatkan kesadaran tentang gaya hidup sehat pada masyarakat.

Penulis : Bian Shabri Putri Irwanto, S.KM., M.KKK.