Fakultas kesehatan Masyarakat menyelenggarakan road show temu alumni dalam rangka pengembangan kurikulum kesehatan masyarakat, sebagai salah satu upaya mendukung Unair menuju Word Class University. Setelah beberapa minggu yang lalu telah diselenggarakan temu alumni di Jakarta untuk alumni yang berdomisili di Jabotabek, maka kali ini (21 Agustus 2016) diselenggarakan temu alumni di Bojonegoro untuk alumni yang berdomisili di wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Tercatat 54 alumni yang berdomisili di wilayah Bojonegoro.

“Kegiatan road show temu alumni ini pertama dalam rangka mengupdate database alumni S.KM, kedua untuk menjaring jejaring kerjasama penelitian dan kegiatan proses pembelajaran untuk mahasiswa, ketiga untuk menjaring data alumni berprestasi,” jelas Wakil Dekan III FKM Unair (Ira Nurmala, S.KM, M.PH., P.hD). Peningkatan kerjasama penelitian telah banyak dilakukan antara FKM dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, antara lain dalam bidang manajemen pengelolaan rumah sakit, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan.

“Mulai tahun 2016 ini, mahasiswa S1 kesehatan masyarakat, untuk kegiatan pembelajaran lapangan/ praktek kerja lapangan (problem based learning) untuk mahasiswa juga diselenggarakan di Kabupaten Bojonegoro berkerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bojonegoro,” jelas KPS S1 Kesehatan Masyarakat (Corie Indria Prasasti, S.KM, M.Kes).

Dalam acara temu alumni ini, satu per satu alumni diminta untuk memberikan testimoninya sebagai alumni atas peran yang telah mereka lakukan sebagai sarjana kesehatan masyarakat dalam berkarir di dunia pekerjaan mereka. “Kesehatan msyarakat adalah ilmu yang komplit, ketika bekerja saya dapat dengan mudah berdaptasi dengan semua tugas yang diberikan kepada saya, dan atasan saya sangat puas dengan pekerjaan saya. Kondisi itu membawa saya untuk dipercaya sebagai seorang Direktur Rumah Sakir Padhangan di Bojonegoro” jelas Ninik Susmiyati, S.KM (alumni S1 Kesehatan Masyarakat angatan tahun 1987).

“Untuk lebih meningkatkan jejaring dengan alumni FKM juga merencanakan road show alumni dengan bekerja sama dengan Ikatan Alumni (IKA FKM),” jelas Wakil Dekan III FKM Unair.