Dengan Hormat,

Salam sejahtera, semoga Bapak/Ibu senantiasa dalam curahan rahmat dari Allah SWT. Berkaitan dengan penyelenggaraan Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKAKMI) ke-5, yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2018, maka perkenankanlah kami menyampaikan beberapa hal berikut:

  1. Pendaftaran (registrasi) calon peserta ujian dilaksanakan mulai tanggal 19 Februari – 19 Maret 2018 secara online melalui website www.ukakmi.org atau www.ukakmi.com dengan syarat dan ketentuan sebagaimana dapat dilihat pada Lampiran-1.
  2. Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan metode Paper Based Test (PBT) pada tanggal 21 April 2018.
  3. Proses pendaftaran peserta ujian UKAKMI periode 21 April 2018 melibatkan peran PT Kesmas asal calon peserta sebagai verifikator institusi dengan tugas terlampir pada lampiran-2. Bila institusi asal calon peserta tidak melakukan verifikasi, maka calon peserta yang bersangkutan tidak dapat mengikuti ujian.
  4. Biaya pendaftaran sebagai peserta ujian:
  • Peserta baru sebesar Rp500.000,- (lima ratus ribu rupiah)
  • Peserta re-taker sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah)
  • Biaya pendaftaran dibayarkan oleh calon peserta ujian setelah mendapat verifikasi dari institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat (PT Kemas) asal peserta dan memperoleh nomor virtual account untuk melakukan pembayaran. Periode pembayaran dimulai tanggal 26 Februari – 26 Maret 2018.

Berkaitan dengan hal di atas, maka kami memohon kesediaan institusi Bapak/Ibu untuk membantu melakukan verifikasi calon peserta dari institusi Bapak/Ibu. Apabila institusi Bapak/Ibu bersedia maka kami mohon untuk dapat menugaskan seorang dosen atau staf administrasi sebagai verifikator institusi serta mengisi dan mengirimkan form surat kesediaan (terlampir) kepada panitia sebelum tanggal 14 Februari 2018 (melalui email: kn.ukakmi@gmail.com). Adapun tata cara dan prosedur pendaftaran calon peserta dapat dilihat pada lampiran-1 dari surat ini.

Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan UKAKMI April 2018, maka kami mohon bantuan Bapak/Ibu untuk dapat menginformasikan kepada mahasiswa dan lulusan dari institusi Bapak/Ibu terkait dengan kegiatan ini. Apabila memerlukan informasi lebih lanjut, Bapak/Ibu dapat menghubungi Sekretariat UKAKMI di nomor 081210211598 (selama jam kerja). Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Ketua Komite Nasional UKAKMI

Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc.

DOWNLOAD FILE DISINI