Kompetensi Lulusan

Kompetensi/ Learning outcome s1 kesmas

 

  1. Mampu melakukan kajian dan analisis situasi (analitic/assessement skills)
  2. Mengembangkan dan Merancang Kebijakan dan Program Kesehatan (policy development/program planing skills)
  3. Berkomunikasi Secara Efektif (communication skills)
  4. Memahami Budaya Setempat (cultural competency skills)
  5. Mampu melaksanakan pemberdayaan Masyarakat (Community empowerment)
  6. Memiliki penguasaan ilmu kesehatan masyarakat ( Public health science skills)
  7. Mampu dalam merencanakan keuangan dan terampil dalam bidang manajemen (Financial Planning and Management Skills )
  8. Memiliki kemampuan kepemimpinan dan berfikir sistem (leadership and system thinking skills)

 

Detail sub Komptensi/ Sub Learning Outcome nya sebagi berikut:

1.   Mampu melakukan kajian dan analisis situasi (analitic/assessement skills)

1.1. Mendefinisikan masalah secara tepat

1.2. Menentukan kegunaan dan keterbatasan data

1.3. Mengidentifikasi data secara  tepat dan relevan sebagai  sumber  informasi

1.4. Mengevaluasi integritas dan komparabilitas data

1.5. Menggunakan prinsip-prinsip etika dalam mengumpulkan data dan informasi

1.6. Membuat inferens  yang relevan dari data kuantitatif dan kualitatif

1.7. Mengambil dan menginterpretasikan data dan informasi yang terkait dengan resiko dan keuntungan

1.8. Menerapkan proses pengumpulan data dan aplikasi teknologi informasi

2.   Mengembangkan dan Merancang Kebijakan dan Program Kesehatan (policy development/program planing skills)

2.1. Mengumpulkan, meringkaskan dan menginterpretasikan informasi tentang berbagai isu kesehatan

2.2. Menyatakan pilihan kebijakan dan memformulasikannya dengan jelas dan padat

2.3. Membahasakan implikasi kesehatan, fiskal, administrasi, legal, sosial, dan politik

2.4. Menyatakan feasibility dan outcome yang diharapkan dari setiap pilihan kebijakan

2.5. Menggunakan teknik terbaru dalam analisis penentuan dan perencanaan kesehatan

2.6. Memutuskan tindakan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi 

2.7. Mengembangkan suatu perencanaan untuk mengimplementasikan kebijakan

2.8. Mengubah kebijakan menjadi rencana organisasi, struktur, dan program

 

3. Berkomunikasi Secara Efektif (communication skills)

  • Melakukan komunikasi  melalui tulisan, lisan, atau metode lainnya
  • Meminta input dari individu dan organisasi
  • Melakukan advokasi untuk program dan sumber daya kesehatan
  • Memimpin dan berpartisipasi dalam kelompok untuk memformulasikan isu KesMas spesifik
  • Menggunakan media, teknologi, dan jaringan untuk menyebarkan informasi
  • Memutuskan tindakan berkomunikasi yang sesuai
  • Mempresentasikan informasi yang akurat tentang demografi, statistik, program, dan saintifik kepada masyarakat professional

 

4. Memahami Budaya Setempat (cultural competency skills)

  • Menggunakan metode yang tepat untuk berinteraksi secara sensitif, efektif, dan profesional dengan orang yang berbeda latar belakang budaya
  • Mengembangkan dan mengadaptasikan berbagai pendekatan untuk menanggulangi masalah kesehatan masyarakat yang terkait dengan perbedaan budaya
  • Memahami adanya dinamika yang berkontribusi terhadap keragaman budaya (sikap)
  • Memahami pentingnya pekerja kesehatan masyarakat yang beragam (sikap)

 

5. Mampu melaksanakan pemberdayaan Masyarakat (Community empowerment)

  • Menggabungkan berbagai strategi untuk berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang
  • Mengidentifikasi peran faktor budaya, sosial dan perilaku dalam pelayanan kesehatan
  • Merespon berbagai kebutuhan sebagai konsekuensi keragaman budaya
  • Mampu mengindentifikasi dan menjaga hubungan dengan berbagai pemangku kepentingan
  • Menggunakan proses dinamika kelompok untuk meningkatkan peran serta masyarakat
  • Mendeskripsikan peran pemerintah dalam menyediakan pelayanan kesehatan masyarakat
  • Mendeskripsikan peran swasta dalam menyediakan pelayanan kesehatan masyarakat
  • Mengidentifikasi potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat
  • Menghimpun masukan dari masyarakat sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan kebijakan dan program kesehatan
  • Menginformasikan kebijakan program dan sumber daya kepada masyarakat

 

6. Memiliki penguasaan ilmu kesehatan masyarakat ( Public health science skills)

  • Mengidentifikasi kewajiban individu dan organisasi dalam konteks pelayanan kesehatan masyarakat esensial dan fungsi dasar
  • Mendefinisikan, menilai, dan memahami status kesehatan pada populasi, determinan kesehatan dan penyakit, dan faktor yang berkontribusi terhadap promosi kesehatan dan pencegahan penyakit
  • Memahami perkembangan sejarah, struktur, dan interaksi antara kesehatan masyarakat dan Sistem pelayanan kesehatan
  • Mengidentifikasi dan mengaplikasikan metode riset dasar yang digunakan dalam kesehatan masyarakat
  • Menggunakan proses dinamika kelompok untuk meningkatkan peran serta masyarakat
  • Menerapkan ilmu kesehatan masyarakat, termasuk ilmu sosial dan perilaku, penyakit kronik, infeksi, dan kecelakaan
  • Mengidentifikasi keterbatasan riset dan pentingnya observasi dan kesaling-hubungan (interrelationship)
  • Mengembangkan komitmen sepanjang masa untuk belajar dan mengembangkan pemikiran kritis yang kuat (sikap)

 

7. Mampu dalam merencanakan keuangan dan terampil dalam bidang manajemen (Financial Planning and Management Skills )

  • Mengembangkan dan mempresentasikan suatu anggaran
  • Mengelola program sesuai dengan kondisi keuangan
  • Menerapkan proses penganggaran (budgeting)
  • Mengembangkan strategi untuk menentukan prioritas anggaran
  • Memantau kinerja program
  • Mempersiapkan proposal untuk memperoleh dana dari sumber eksternal
  • Menerapkan keterampilan dasar hubungan antar manusia dalam manajemen organisasi, motivasi staf, dan penyelesaian konflik
  • Melakukan negosiasi dan mengembangkan kontrak dan dokumen lainnya untuk penyediaan pelayanan berbasis masyarakat

 

8. Memiliki kemampuan kepemimpinan dan berfikir sistem (leadership and system thinking skills)

  • Menciptakan budaya berdasarkan stardard etika dalam organisasi dan komunitas
  • Membantu menciptakan nilai dasar dan visi bersama dan menggunakan prinsip-prinsip ini sebagai pedoman pelaksanaan program kesehatan masyarakat
  • Mengidentifikasi isu internal dan eksternal yang dapat berdampak terhadap penerapan pelayanan esensial kesehatan masyarakat (menyusun Rencana Strategis)
  • Memfasilitasi kerja sama kelompok internal dan eksternal untuk menjamin partisipasi dari pemangku kepentingan kunci
  • Berkontribusi terhadap pengembangan, implementasi, dan pemantauan standard kinerja organisasi
  • Menggunakan sistem hukum dan politik untuk melakukan perubahan
  • Mengaplikasikan teori dari struktur organisasi terhadap praktek profesional